Jumat, 24 Mei 2013

karya tulis ilmiah



     Upaya Menanggulangi Masalah Lingkungan di Melalui Penghijauan Lingkungan SMA NEGERI 1 BOJONGSOANG

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRmX60KzkzBEl1JvOKAwS5yvMNv_DES07GWu6DlNIcXB9ZnFqbV4A




Di susun oleh : - Ai maya mulyati
                            - Iis nur anggraeni
                            - Nita siti yunita
                            - Sarah fitriyani


SMA NEGERI 1 BOJONGSOANG

Kata pengantar


     Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang mana atas rahmat-Nya saya masih diberi kesehatan sehingga dapat menyelesaikan karya tulis yang sederhana ini penting nya pengaruh lingkungan hijau terhadap prestasi siswa.namun banyak komponen baik struktural,fungsional,maupun lingkungan yang dapat mempengaruhi proses tersebut.dengan demikian studi mengenai fungsi ini sangat penting untuk dapat mencermati respon para teman-teman terhadap lingkungan.
    Saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala sekolah Sma n 1 bojongsoang dan para guru yang turut membantu perolehan literature terkait dalam penyelesaian tulisan ini , karya ilmiah remaja ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran sangat di harapkan demi perbaikan tulisan-tulisan berikutnya akhir kata saya berharap semoga karya tulis remaja ini bermanfaat bagi pembaca sekalian









DAFTAR ISI

BAB 1  
v  Latar belakang penelitian
v  Rumusan masalah
v  Tujuan penelitian
v  Manfaat penelitian
BAB 2
v  Kajian teori
BAB 3
v  Angket / metode penelitian
BAB 4
v  Hasil penelitian
BAB 5
v  Kesimpulan











BAB 1
Pendahuluan

A. Latar belakang masalah

     Adanya berbagai perubahan kondisi dan kualitas lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk terhadap manusia beragam bentuk kerusakan lingkungan , seperti di sekolah. Hal ini lama-kelamaan akan berdampak global pada lingkunag khusunya bagi kita .
    Manusia memang terkadang tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebihan dan tidak memperhatikan kesehatan , kurang sadar nya kita dalam menata kelestarian lingkungan telah mengakibatkan kualitas lingkungan yang begitu parah. Hal ini hendak nya menjadi perhatian khusus nya bagi kita semua , dalam menata kembali lingkungan sekolah dari segala kerusakan lingkungan, di samping menciptakan dan membangun budaya pelaku pendidikan dalam berwawasan lingkungan .
    Solusi untuk mencegah datang nya penyakit dengan cara siswa/siswi harus merawat lingkungan di sekitar sekolah kita dan kepada siswa/siswi , guru-guru maupun kepala sekolah mewajibkan kepada siswa/siswi untuk membawa tanaman-tanaman untuk di tanam di sekitar lingkungan sekolah agar menjadi sejuk , bersih , sehat , dan nyaman.
B. Rumusan masalah

    Banyak siswa yang membuang sampah di kelas , kolong bangku , bahkan di lapangan atau di depan halaman sekolah . itulah contoh yang tidak baik bagi siswa/siswi yang lain yang selalu membuang sampah sembarangan . juga selain membuang sampah siswa/siswi selalu saja datang kelingkungan sekolah tidak sesuai dengan ketentuan atau aturan yang sudah di tetapkan di lingkungan sekolah .contohnya tidak berpakaian sesuai aturan sekolah,melanggar aturan sekolah , dan masih banyak lagi perilaku siswa / siswi yang belum berubah sampai sekarang.
  maka dari saat ini ayo kita sama-sama melakukan perubahan ini dengan hati yang bersih  cintailah diri kita juga cintailah lingkungan sekolah kita agar tidak ada yang bilang sekolah kita jelek , kotor, bahkan sebagainya, jadi rubahlah omongan orang lain menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk merubah semua ini.
C. Tujuan penelitian
 
    Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin lebih mengetahui karakter para siswa/siswi mana yang bisa kita ajak bekerja sama untuk mengubah lingkungan sekolah tercinta ini dan mana yang tidak bisa di ajak bekerja sama untuk mengubah lingkungan sekolah dengan masih saja membuang sampah di mana-mana atau merusak tanaman yang sudah ada.
    Maka tujuan dari di atas adalah ingin membuat sekolah kita menjadi lebih bagus dengan perlahan-lahan kita mulai dari tidak membuang sampah di kelas , kolong bangku , atau lapangan dan buanglah pada tempatnya yang sudah di sediakan di tiap-tiap depan kelas masing-masing.
    Ayo kita semangat untuk merubah lingkungan sekolah menjadi sekolah yang bisa di banggakan bagi siswa atau siswi , bapak/ibu guru dan kepala sekolah. Dan bisa membuat orang yang melihat sekolah kita akan takjub melihat sekolah kita yang bagus , indah , nyaman , bersih , dan lingkungan yang sehat . Ayo tetap semangat.



D. Manfaat penelitian

    Manfaat penelitian ini bagi siswa/siswi agar siswa/siswi lebih menyadari lagi bahwa penghijauan lingkungan itu baik bagi kehidupan siswa/siswi itu sendiri dan bisa merasa lebih nyaman selama berada di lingkungan sekolah yang sangat indah , nyaman , bersih , sehat dan sejuk . juga manfaat bagi bapk/ibu guru juga bisa membuat bapak/ibu guru lebih nyaman . jika mengajar atau berada di lingkungan sekolah karena lingkungan yang sudah mulai terawat dengan cara menanam tanaman atau pohon dan menyiraminya , jadi manfaat bagi guru juga bisa terhindar dari penyakit.
    Manfaat bagi kepala sekolah agar kepala sekolah lebih nyaman berada di sekolah jika lingkungan sekolah terhindar dari sampah , tidak gersang karena kurangnya penghijauan , tidak ada sampah di halaman lingkungan sekolah , di dalam kelas .
Maka kepada kepala sekolah , bapak/ibu guru dan para siswa/siswi mari kita bersama-sama membangun lingkungan sekolah kita agar menjadi indah , nyaman , bersih , sehat , dan sejuk . jadi jangan membuang sampah sembarangan . atau membuang sampah di mana-mana .















                                                BAB II
                                                      KAJIAN TEORI
     Dalam perkembangan pembangunan menurut emil salim , berbagai masalah sering timbul apabila tidak mengambil langkah-langkah di khawatirkan akan terjadi gangguan pada lingkungan yang akhirnya dapat merugikan manusia dan seluruh makhluk di dalamnya .
Secara khusus istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang mempengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi.
     Adapun berdasarkan uu no.23 tahun 1997 lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalam nya manusia dan perilakunya yang melangsungkan prikehidupan dan kesejahtraan manusia serta makhluk hidup lainnya .
    Menurut eckbo (1956) bahwa pemilihan jenis tanaman untuk penghijauan agar tumbuh dengan baik hendaknya dipertimbangkan dengan syarat-syarat hortikultural (ekologikal) dan syarat-syarat fisik. Syarat hortikutural yaitu toleransi dan respon terhadap temperatur , kebutuhan air, kebutuhan dan toleransi terhadap cahaya matahari, kebutuhan tanah , hama dan penyakit . syarat-syarat fisik yaitu tujuan penghijauan persyaratan budidaya, bentuk tajuk,warna, dan aroma.
    Jurnal daedalus edisi musim semi 2001 senada dengan evelyn mckibben , seorang ahli lingkungan memperingatkan kita bahwa lebih dari satu dekade yang lalu global warning (pemanasan global) adalah tanda-tanda berakhirnya alam. Dan ini yang akan menjadikan issue yang paling menantang di dunia termasuk agamawan dan nilai-nilai agama. Karenanya sebagai mana agama mampu berperan penting dalam membangun perubahan sosial politik, agama , dan juga ditantang pada abad 21ini untuk mempunyai kontribusi dalam memecahkan masalah lingkungan.


BAB 3
ANGKET/METODE PENELITIAN

·       Metode penelitian
     Kami melakukan survei langsung ke lapangan untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan sekolah kami, ternyata setelah kami melakukan survei langsung kelapangan banyak sampah berserakan dimana-mana, tanaman di sekolah kita pada rusak atau mati dan juga selain melakukan survei langsung kelapangan  kami juga survey kepada teman-teman semua.
    Di bawah inilah hasil survei kami 5% memilih setuju,9% memilih tidak sertuju,2% memilih sangat tidak setuju,untuk mendapatkan perubahan lingkungan sekolah kita.
Ø Di laksanakan pada tanggal 21-24 November 2012
Ø Setelah istirahat dan pulang sekolah




BAB 4
HASIL PENELITIAN


     Banyak siswa-siswi ingin perubahan bagi lingkungan sekolah. kami ini ingin ke depan nya sekolah SMA NEGERI 1 BOJONGSOANG bisa lebih baik lagi dari yang sebelumnya.seperti sekolah-sekolah yang ada  di kota bandung atau pun di kabupaten.tidak ada sampah yang berserakan dimana-mana sehingga nanti nya sekolah kita tidak ada sampah yang berserakan lagi dan kami tidak akan terserang penyakit yang di akibatkan dari lingkungan yang kotor.










BAB 5
KESIMPULAN


    Buat teman-teman semua mari buat lingkungan sekolah kami menjadi sekolah yang bersih,indah,nyaman dan terhindar dari penyakit atau banjir.pertama kita mulai dari dalam diri kita sendiri bahwa kita ingin ada perubahan dari sekolah kita tercinta ini agar sekolah kita menjadi lebih baik.maka dari saat ini ayo kita tunjukan pada sekolah lain kalau kami bisa merubah sekolah kami menjadi sehat,bersih,nyaman,terhindar dari penyakit atau pun banjir.





https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSVjiFaHyE5RY-07JPhnlmDgA7pdhWZzjOJqdHYXkQ6XhXrw5u2



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar